Entri yang Diunggulkan

CArA DOWNLOAD LAGU ANAK MP3 Karya KAK ZEPE TERBARU 2016

CArA DOWNLOAD LAGU ANAK MP3 Karya KAK ZEPE TERBARU 2016 Salam cinta lagu anak... Sekarang download lagu anak Karya Kak Zepe lebi...

Dukung saya dengan LIKE facebook KAK ZEPE (ada di pojok kanan)

Dukung saya dengan LIKE facebook KAK ZEPE (ada di pojok kanan)

Senin, 26 Desember 2011

Menstimulasi Kecerdasan Anak Dengan Mainan Anak (Manfaat Game Bagi Otak Anak)


Menstimulasi Kecerdasan Anak Dengan Mainan Anak
bestwoodentoys.com

Mungkin kita telah mengenal banyak sekali media pendidikan yang bermanfaat bagi peningkatan kecerdasan sang buah hati. Media pendidikan bisa bermacam-macam, bisa berbentuk mainan, buku, CD, dan lain-lain. Buah hati kita yang masih mengalami masa pertumbuhan otak tentu harus banyak distimulasi kecerdasannya dengan cara-cara yang menyanangkan. Dan tentunya, dengan semakin banyak belajar dengan media yang menyenangkan maka buah hati kita pun akan semakin meningkat kecerdasannya. Menurut para psikolog, kecerdasan ada banyak. Bisa mencapai 10 macam kecerdasan yang dikenal dalam dunia psikologi. Saya akan mencoba memberikan beberapa contoh mainan dan manfaatnya bagi peningkatan kecerdasan sang buah hati.

Selengkapnya silakan baca di SINI


1. Kecerdasan Verbal / Linguistik

fast-autos.net

Mainan yang cocok untuk melatih kecerdasan verbal seorang anak adalah dengan memberikan mainan yang bisa bicara. Bila sang buah hati adalah wanita, maka kita bisa membelikan mainan boneka yang bisa bicara kalau dipencet pada bagian tubuhnya. Dengan terus menghafalkan kata-kata yang diucapkan oleh mainan boneka, maka buah hati kita pun bisa terlatih kecerdasan verbalnya.
Stimulasi yang lain bisa berupa: CD lagu dan film anak-anak, mendongengkan cerita, dll.

2. Kecerdasan Numerik

Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan anak dalam mengolah angka. Sebagai awal mungkin buah hati kita hanya perlu mengenal angka satu sampai sepuluh dulu. Kita bisa melatih anak dengan menghitung mainan. Misalnya menghitung mobil-mobilan. Kita ajak buah hati kita menghitung mainan tersebut. Dengan menghitungnya, maka buah hati kita pun bisa belajar dengan fun. Setelah mereka bisa mengucapkan satu sampai sepuluh, baru kita kenalkan bentuk-bentuk angka. Nah… Hal ini bisa kita kenalkan dengan cara menggambar atau mewarnai angka, lalu menuliskannya di atas kertas dengan pensil.
Stimulasi yang lain: buku cerita tentang angka-angka, Lagu dan Film anak tentang angka, pernik-pernik berbentuk angka, buku mewarnai angka.

3. Kecerdasan Ruang atau visual

preloadedstores.com

Kecerdasan ini berhubungan dengan pengenalan bangun. Kita bisa memberikan mainan puzzle, balok kayu, lego atau letto, dll. Mainan ini tidak hanya mengajak anak untuk mengenal bangun datar dan ruang yang pernah kita kenal. Namun banyak bentuk lainnya, sehingga untuk tahap selanjutnya anak bisa mengekspresikan bentuk benda-benda yang dia mainkan di atas kertas.Bila buah hati kita gemar menggambar gambar-gambar yang “berbentuk bangun”, bisa jadi dia adalah calon arsitek atau designer yang terkenal.
Stimulasi lain: Kartu bergambar bangun, mainan miniatur rumah bongkar pasang, film-film anak tentang pengenalan bentuk, mainan yang bisa digenggam dan diremas (miniatur bentuk-bentuk benda, agar koordinasi mata dan tangan bekerja dengan baik).

4. Kecerdasan Musikal
ioffer.com

Kecerdasan ini berhubungan dengan kemapuan anak dalam mengolah dan memainkan nada. Cara menstimulasi kecerdasan ini bisa dengan memberikan sang buah hati alat-alat music mini. Selain itu juga bisa dengan memberikan anak “music box”, yaitu sebuah kotak yang kalau dibuka bisa terdengar alunan instrument musik. Atau bisa dengan memberikan mainan semacam lampion khusus anak-anak yang bisa dipasan di langit-langit rumah. Kita bisa memasangnya di tempat tidur anak, supaya buah hati kita dininabobokkan oleh alunan musik yang berasal dari mainan itu.

Stimulasi lainnya: memutarkan lagu anak-anak, menyanyikan lagu buat anak sebelum tidur, mengajak bernyanyi atau karaoke bersama anak, dll.

5. Kecerdasan Fisik

zollberg.co.cc

Kecerdasan ini berhubungan dengan ketrampilan anak dalam menggerakkan tubuhnya. Sebelum mencapai ketrampilan dalam bergerak, tentu sangat dibutuhkan kekuatan otot. Untuk menguatkan otot tangan dan kaki dan meningkatkan koordinasi tangan, kaki, dan mata, sepeda adalah mainan yang baik. Berikanlah sang buah hati sepeda sesuai dengan usianya. Ini sangat penting untuk meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan kecerdasan fisik anak. Untuk mainan yang kecil bisa berupa mainan yang lunak, misalnya wage (was), bola / balok lunak), atau mainan semacam bel yang bila digoyang-goyangkan dengan tangan bisa berbunyi, atau bisa dengan palu berbentu balon (akan lebih baik bila dimainkan di luar rumah J )
Stimulasi lain: mengajak anak berjalan pagi, untuk anak balita bisa dengan kursi roda mainan.

6. Kecerdasan interpresional
sellerby.com

Kecerdasan ini behubungan dengan kemapuan anak dalam bergaul. Hmm… untuk yang satu sebenarnya lebih banyak pada praktek, yaitu dengan bersosilalisasi. Namun saya akan memberikan contoh mainan yang berhubungan dengan ini, yaitu dengan memberikan mainan peralatan masak atau peralatan dokter. Kita sebagai orang tua bisa mengajak anak berbicara dengan media ini layaknya dokter dan pasien (seperti bermain drama). Hal ini sangat bermanfaat untuk melatih kecerdasan interpresional anak, selain itu tentu saja bisa meningkatkan kedekatan interpresional kita dengan sang buah hati.
Stimulasi lain: menyekolahkan di playgroup / PAUD, mengajak jalan-jalan di komplek rumah, dan lain-lain.

7. Kecerdasan Natural

Kecerdasan ini berhubungan dengan tingkat kecintaan anak terhadap lingkungannya. Tentu saja untuk meningkatkan kecerdasan ini sangat dibutuhkan “mainan hidup” tentu saja berwujud mahluk hidup (misalnya tumbuhan dan hewan). Untuk hewan, mungkin akan lebih baik kalau berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu, karena hal ini sangat berhubungan dengan cara perawatan dan pemeliharaannya. Banyak hewan yang sebenarnya aman, namun menjadi tidak aman karena kurang baik perawatannya. Kalau untuk tumbuhan, akan lebih mudah perawatannya dan lebih aman. Pertama-tama kita bisa mengenalkan anak menumbuhkan benih kacang hijau. Sehingga anak bisa tahu proses pertumbuhan tanaman dan pentingnya air serta sinar matahari bagi kehidupan.

Stimulasi anak: mengajak anak berjalan-jalan di obyek wisata alami.

Sebenarnya masih ada 3 macam kecerdasan lagi. Namun kecerdasan ini sulit untuk dikembangkan lewat mainan, namun lebih pada pola asuh. Kecerdasan yang lain tersebut adalah kecerdasan intrapersonal (kecerdasan mengolah perasaan), kecerdasan financial (kecerdasan mengatur keuangan), dan kecerdasan intuisi (menyimpulkan sesuatu dan membuat keputusan), dan ini akan lebih menarik bila ditulis pada artikel terpisah.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi anda sebagi orang tua untuk bisa memilih dan memilah mainan apa saja yang perlu dan tidak perlu untuk dibeli, tentunya untuk buah hati kita. Hal ini sangat penting juga agar kita tidak salah membeli mainan yang “salah”.

Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE, 
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 

Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE,   atau klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 Atau klik gambar di bawah ini:           https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 


Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan:Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...